HOPE

Universitas adalah kata yang selalu terbayang bayang saat saya atau bahkan seluruh murid yang pada saat itu mulai menduduki bangku kelas 12. Saya duduk di bangku kuliah semester 2 di Universitas Widyatama, dulu saat masih SMA saya mengambil jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)  memang kalau dilihat dengan jurusan yang saya duduki sekarang sangat berbanding jauh namun manajemen itu adalah ilmu segala bidang, jadi bisa dipastikan tetap bisa berhubungan dengan Ilmu Pengetahuan Alam. Tapi tentunya semua yang terjadi di dunia ini ada alasannya bukan? Dan sesuatu yang telah terjadi tinggal dilanjutkan dengan sungguh sungguh salah satunya membuat perencanaan dan jangan takut bila rencana yang kita buat tidak terjalani dengan baik karena semua tergantung dari prosesnya masing masing.

Mata kuliah yang ada di program studi manajemen ini cukup sulit banyak yang harus menggunakan lebih banyak logika ketimbang eksak.  Saat semester satu saya mendapat IPK yang kurang memuaskan maka dari itu saya memiliki target yaitu tetap mempertahankan IPK diatas 3 minimal, walaupun semakin tinggi semester semakin sulit tapi saya harus bisa mempertahankan itu. Dan saya menargetkan saya bisa lulus dengan IPK diatas 3.5, walaupun kadang orang bilang “IPK gangaruh sama kerja” tapi pada kenyataan pekerjaan menyantumkan salah satu syarat yaitu nilai IPK calon pendaftar di perusahaan tersebut.

Dan didalam manajemen ada 5 konsentrasi yaitu,

  • Manajemen Pemasaran (Marketing), manajemen ini berkonsentrasi pada pemasaran dan ini adalah ujung tombak perusahaan. Untuk pemasaran produk-produk perusahaan.
  • Manajemen Keuangan (Finance), berkonsentrasi pada keuangan tentunya untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimkan resiko.
  • Manajemen Sumber Daya Manusia, ini berkonsentrasi kepada segala sesuatu yang berhubungan dengan karyawan sepeti hiring, PHK, mengurusi pensiun dan lain lain.
  • Manajemen Operasi, berkonsentrasi di bagaimana mengelola produksi perusahaan bagaimana agar produksi lebih efektif dan efisien.
  • Manajemen Kewirausahaan, ini bagi mereka yang sudah siap menjadi entrepreneur biasanya sudah memiliki usaha sendiri atau memang ingin langsung merintisnya.
  • Bisnis International, bisnis yang dilakukan antar negara seperti kegiatan ekspor dan impor.

Untuk prodi manajemen S1 pemilihan jurusan ada di semester VII, konsentrasi ini diambil dengan ditambah pula matakuliah minornya. Rencana saya akan mengambil konsentrasi di bidang manajemen keuangan atau finance karena saya sedikit lebih suka berhitung daripada menghafal, dan tertarik dengan proses bagaimana pendapatan dan pengeluaran dana dari perusahaan hingga ke perusahaan lagi. Memang kalau dilihat dari kata “keuangan” pasti sudah tumbuh dibenak bahwa pasti akan pusing sekali bila mengambil konsentrasi di manajemen keuangan namun saya tidak mau negative thinking terlebih dahulu, karena saya ingin mengambil konsentrasi manajemen keuangan. Namun saya juga ingin mengambil konsentrasi di bisnis international alasan utama saya ingin mengambil konsentrasi bisnis internasional juga karena saya suka mempelajari bahasa asing dan sangan excited apabila sesuatu berhubungan dengan luar negeri, dan sebenarnya passion saya juga ada di bahasa. Maka dari itu saya juga tertarik dengan konsentrasi bisnis international ini.

Dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)  ini peluang prospek kerja lebih besar namun saingan juga akan lebih banyak karena ASEAN kini sudah terbuka dan bebas dalam urusan perbisnisan. Saya berharap bisa bekerja di Pertamina atau Chevron, saya ingin mencoba magang terlebih dahulu di perusahaan tersebut setelah lulus nanti untuk mendapatkan pengalaman bekerja pada perusahaan perminyakan.

Kesimpulan : Saya ingin lulus dengan IPK 3.5 dan saya bisa mempertahankan terus IPK saya minimal diatas 3, dan saya harus bisa menentukan keputusan yang tepat untuk mengambil konsentrasi dibidang apa, karena kedua bidang itu sangat saya harapkan yaitu konsentrasi dibidang manajemen keuangan atau bisnis international. Setelah lulus saya ingin bekerja di perminyakan seperti chevron atau pertamina.

 

All our dreams can come true, if you have the courage to pursue them. 

– Walt Disney

Enjoy and keep that smile everyday 🙂

 

 

Dosen Pengampu : D.J Anderson Butarbutar, S.E., S. Kom., M.M.

Source:

http://ciricara.com/2015/01/26/5-konsentrasi-di-jurusan-manajemen/

 

Leave a Reply

